Bahaya Kafein Pada Penderita Diabetes – Bahaya kafein pada penderita diabetes masih menjadi perdebatan. Ada pendapat yang mengatakan bahwa kafein tidak baik untuk penderita diabetes. Namun, ada juga yang membantah anggapan tersebut. Simak penjelasannya di artikel berikut ini untuk mendapatkan fakta sebenarnya.

Kafein adalah salah satu bahan dalam kopi dan teh. Kafein biasa dikonsumsi karena dapat merangsang otak dan membuat orang yang mengkonsumsinya lebih fokus dan mudah berkonsentrasi. Kafein juga biasa dikonsumsi untuk mengatasi rasa lelah dan kantuk.

Bahaya Kafein Pada Penderita Diabetes

Namun, orang yang menderita penyakit tertentu seperti diabetes tipe 2 sebaiknya tidak disarankan untuk mengonsumsi kafein terlalu banyak karena risiko efek samping yang mungkin terjadi.

Efek Negatif dan Positif Kafein untuk Penderita Diabetes

Berikut ini adalah efek negatif dan positif dari konsumsi kafein bagi penderita diabetes tipe 2:

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi sebanyak 4 cangkir atau lebih per hari dapat meningkatkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

Hal ini disebabkan efek kafein yang diduga mengganggu kerja hormon insulin, sehingga membuat penderita diabetes lebih sulit mengontrol kadar gula darahnya.

Jika penderita diabetes terus mengonsumsi kafein, dikhawatirkan dapat membuat gula darah lebih sulit dikendalikan, sehingga meningkatkan risiko komplikasi diabetes, seperti kerusakan saraf dan ginjal. Namun, bahaya kafein bagi penderita diabetes perlu diteliti lebih lanjut.

Dampak positif kafein bagi penderita diabetes

Di sisi lain, minuman berkafein seperti kopi dan teh juga mengandung polifenol. Zat ini merupakan antioksidan yang baik bagi penderita diabetes. Polifenol diketahui dapat mengurangi risiko diabetes pada orang sehat dan mencegah peningkatan gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

Antioksidan ini juga baik untuk menjaga kesehatan sel dan jaringan tubuh dari efek radikal bebas.

Efek kafein pada penderita diabetes masih menjadi kontroversi. Namun, jika Anda memiliki diabetes dan suka mengonsumsi kafein, cobalah untuk membatasinya.

Anda disarankan untuk mengonsumsi tidak lebih dari 2 cangkir kopi per hari dan tidak lebih dari 3 cangkir teh per hari. Sebaiknya Anda juga tidak terlalu banyak mengonsumsi gula saat mengonsumsi minuman ini.

Jika Anda masih ragu atau khawatir tentang bahaya kafein bagi diabetes, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Selain membatasi asupan kafein, ingatlah untuk berolahraga secara teratur, makan makanan yang sehat, dan minum obat antidiabetes seperti yang diarahkan oleh dokter Anda untuk mengendalikan diabetes atau segera periksakan diri anda ke kelinik terdekat untuk biaya medical check up tidak perlu khawatir karena ada plaza medis yang memberikan layanan medical check up termurah.