Gejala Awal Batu Ginjal – Batu ginjal adalah endapan keras di ginjal yang menyerupai batu. Batu ginjal terbentuk dari mineral dan garam, serta memiliki beberapa variasi ukuran. Ukurannya sendiri akan sesuai dengan beratnya gejala yang dialami penderitanya, bisa lebih kecil dari pasir, dan bisa sebesar kerikil. Lantas, apa saja gejala awal batu ginjal yang perlu diwaspadai? Simak ulasannya berikut ini.

Gejala Awal Batu Ginjal

Batu ginjal bisa terjadi di sepanjang saluran kemih, mulai dari ginjal, saluran kemih yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih, kandung kemih, hingga saluran uretra yang mengalirkan air seni keluar dari tubuh. Gejala awal batu ginjal yang ukurannya sangat kecil biasanya tampak ringan, meski tidak ada gejala sama sekali. Sedangkan batu ginjal yang ukurannya lebih besar akan memicu rasa sakit, pendarahan, peradangan, atau infeksi.

Sejumlah gejala biasanya tidak berkembang sampai batu mulai bergerak melalui saluran kemih. Lantas, apa saja gejala awal yang harus diwaspadai? Berikut beberapa di antaranya:

  1. Tekanan atau nyeri di punggung bawah

Dalam kasus yang jarang terjadi, batu ginjal dapat terperangkap di ureter, yaitu saluran yang membawa urin dari ginjal ke kandung kemih. Nah, penyumbatan di area tersebut akan memerangkap urine di ginjal sehingga memicu sejumlah gejala awal batu ginjal. Gejala awal batu ginjal akan ditandai dengan adanya tekanan dan sensasi nyeri di area punggung bawah.

Sensasi tekanan dan nyeri dapat terjadi di kiri atau kanan, tergantung pada organ ginjal mana yang terpengaruh. Gejala gangguan kesehatan yang satu ini sangat ringan dan berkembang secara perlahan. Rasa sakit itu sendiri bisa datang tiba-tiba, yang bisa sangat tajam. Untuk mengatasinya, Anda disarankan untuk istirahat atau berbaring. Setelah sembuh, jangan lupa untuk memeriksakan diri ke dokter.

  1. Gejala yang Mirip dengan Infeksi Saluran Kemih

Tahukah Anda bahwa penderita batu ginjal bisa mengalami gejala yang mirip dengan infeksi saluran kemih? Beberapa gejala yang muncul antara lain:

  • Peningkatan intensitas buang air kecil.
  • Sering buang air kecil.
  • Nyeri saat buang air kecil.
  • Urine berubah warna.
  • Urine memiliki bau yang tidak sedap.
  • Adanya darah dalam urin.
  • Demam tinggi.
  1. Gangguan Pencernaan

Seseorang dengan batu ginjal pasti mengalami masalah pada lambung dan organ saluran pencernaan nya. Beberapa gejala gangguan pencernaan adalah tanda-tanda batu ginjal, seperti:

  • Mual
  • Muntah;
  • Ketidaknyamanan perut yang tidak kunjung membaik.

Inilah beberapa kondisi yang menjadi gejala awal batu ginjal. Jika Anda mengalami salah satunya, segera periksa ke rumah sakit terdekat untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi. Jika tidak ditangani, batu ginjal dapat menyebabkan perdarahan akibat kejang dan iritasi pada ureter. Kondisi ini juga dapat menghalangi aliran urine yang dapat menyebabkan infeksi dan kerusakan ginjal.

Setelah membaca informasi diatas kami menghimbau kepada kalian semua bahwa melakukan pemeriksaan kesehatan itu sangatlah penting. Dengan kalian melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin sama saja dengan kalian mencegah penyakit yang dapat menyerang diri Anda sewaktu – waktu. Anda tidak perlu khawatir mengenai biaya medical check up untuk kesehatan.

Saat ini sudah banyak klinik atau rumah sakit yang menyediakan layanan harga medical check up dengan sangat terjangkau. Jadi untuk Anda yang ingin hidup sehat mulailah melakukan rutin pemeriksaan kesehatan sedini mungkin. Itu dia informasi yang dapat kami sampaikan kepada kalian semua, semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda.