Mengenal Jenis-Jenis BenangBenang yang digunakan untuk kegiatan konveksi atau menjahit terdiri dari beberapa jenis yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Misalnya, benang jahit yang digunakan untuk menjahit kain katun tipis tidak boleh digunakan untuk menjahit jeans tebal. Sebagai pedoman penggunaan benang jahit, lihat nomor pada kemasan atau kemasan benang.

Mengenal Jenis-Jenis Benang

Jika ada kawat nomor 50, berarti kawat yang panjangnya 50 meter itu beratnya 1 gram. Benang digunakan untuk menjahit kain yang tipis atau tidak terlalu tebal. Benang nomor 60 artinya seutas benang dengan panjang 60 meter memiliki berat 1 gram. Jenis benang ini digunakan untuk menjahit kain atau bahan yang sangat tipis. Benang nomor 8 artinya seutas benang dengan panjang 8 meter memiliki berat 1 gram. Untuk jenis ini digunakan untuk menjahit kain tebal atau bahan pakaian seperti tas, kulit, terpal atau jok mobil. Kawat nomor 8 lebih kuat dan memiliki lebih banyak properti.

Selain itu, benang yang digunakan juga harus disesuaikan dengan ketebalan bahan, serat bahan dan jenis jahitan yang diinginkan. Sebaiknya benang yang digunakan berasal dari serat yang sama dengan bahan yang ingin Anda jahit. Misalnya, benang serat alam digunakan untuk menjahit pakaian serat alam. Demikian juga jenis benang serat sintetis juga digunakan untuk bahan yang terbuat dari serat sintetis.

Untuk jahitan dekoratif, terkadang digunakan benang yang cukup kasar, seperti jahitan dekoratif untuk jeans. Sesuai dengan fungsinya, benang hanya berfungsi sebagai hiasan. Berikut ini adalah beberapa jenis benang yang biasa digunakan untuk menjahit dan menghias bahan konveksi untuk pakaian:

  1. BENANG JAHIT

Sesuai dengan namanya, jenis benang ini digunakan untuk kegiatan menjahit. Kekasaran atau kehalusan benang ditentukan oleh jumlah benang. Semakin tinggi nomor utas, semakin halus utasnya. Misalnya benang jahit dengan kode 60 lebih halus dari benang nomor 40 dan nomor 50.

  1. BENANG MOULINE

Ini adalah benang dengan warna berbeda yang dipilin atau dipintal menjadi satu. Itulah mengapa benang ini sering disebut benang pelangi. Jenis benang ini digunakan untuk hiasan pada kain atau pakaian.

  1. BENANG MELAN

Ini juga sering disebut benang berserat campuran. Benang ini tersedia dalam berbagai warna. Proses pembuatan benang ini dilakukan dengan cara dipintal. Biasanya benang ini juga digunakan untuk hiasan pakaian.

  1. BENANG YASPIS

Ini adalah benang yang dipintal dari 2 benang yang tidak dipilin. Jadi bentuknya adalah 1 kawat bulat. Jenis benang ini juga digunakan untuk dekorasi pakaian.

  1. KAWAT LOGAM

Sesuai dengan namanya, jenis kawat ini terbuat dari logam yang dilapisi plastik atau sebaliknya yaitu plastik berlapis logam. Kawat ini memiliki bentuk yang mengkilat seperti warna emas atau warna perak. Benang ini juga digunakan untuk menghias linen rumah tangga atau dekorasi pakaian. Selain itu, benang ini juga digunakan sebagai bahan dasar kain tenun seperti songket.

  1. BENANG KARET

Ini adalah kawat yang berasal dari bahan karet yang divulkanisir. Jenis kawat karet karena sifat karetnya yang elastis. Jadi benang ini biasanya digunakan untuk mengkerutkan bagian tertentu dari pakaian seperti lengan, dada atau pinggang.

  1. BORDIR BENANG

Jenis ini biasa disebut dengan benang suji, yaitu benang yang digunakan untuk menghias atau menyulam pakaian. Benang bordir datang dalam berbagai warna. Ada yang hanya terdiri dari 1 warna dan ada juga yang disilangkan dengan warna bergradasi.

  1. BORDIR BENANG

Benang jenis ini merupakan benang yang sering digunakan untuk bordir atau bordir berbantuan mesin. Benang bordir biasanya mengkilap dan tersedia dalam berbagai warna.

  1. BENANG MASSA

Yang perlu Anda ketahui, benang jagung terbuat dari serat selulosa berwarna krem ‚Äč‚Äčatau off-white. Benang ini biasanya digunakan untuk menjahit kasur, membuat renda, dan sebagainya.

1O. BENANG TETORON

Ini adalah benang sintetis yang sifatnya kuat. Oleh karena itu, benang ini sering digunakan sebagai bahan pengait dalam pembuatan produk fashion seperti ikat pinggang, tas, dan sebagainya.

  1. BENANG WOL

Wol adalah benang dengan lilitan longgar dan sedikit berbulu. Benang ini sering digunakan untuk bahan dekorasi linen rumah tangga seperti hiasan dinding, taplak meja, dan lain sebagainya.

cari informasi mengenai konveksi di Nusantara Appaerel selaku penyedia layanan konveksi tangerang, mereka memberikan informasi yang menarik dan bermanfaat mengenai konveksi.