Kenali Bahaya Soda Diet – Penting untuk mengetahui bahaya mengonsumsi diet soda terhadap risiko diabetes. Pasalnya, banyak orang yang percaya bahwa diet soda aman dikonsumsi sehari-hari, termasuk oleh penderita diabetes, karena mengandung lebih sedikit kalori dan pemanis. Fakta nya, tidak ada bukti bahwa minuman ini lebih sehat.

Kenali Bahaya Soda Diet

Soda rendah lemak awalnya dipasarkan pada 1950-an untuk penderita diabetes karena dikenal bebas gula dan bebas kalori. Fakta nya, alih-alih gula alami, soda diet mengandung pemanis buatan, seperti aspartam, siklamat, sakarin, acesulfame-k, atau sukrosa, yang sebenarnya jauh lebih manis daripada gula biasa.

Beberapa merek soda diet bahkan mengandung gula alami dan pemanis buatan dalam produknya. Hal ini tentu saja dapat menimbulkan masalah kesehatan, terutama bagi penderita diabetes.

Pengaruh soda diet pada risiko diabetes

Berbagai penelitian menunjukkan peningkatan risiko sindrom metabolik dan resistensi insulin pada orang yang sering mengonsumsi makanan manis, terutama soda diet. Jika tidak diobati, kondisi ini pada akhirnya dapat menyebabkan diabetes atau memperburuk diabetes yang ada.

Konsumsi soda diet dalam jangka panjang, terutama jika diikuti dengan pola makan yang tidak sehat, juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan atau bahkan obesitas. Ini juga merupakan faktor risiko untuk mengembangkan diabetes.

Tak hanya itu, penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi 4 kaleng diet soda setiap minggu dapat meningkatkan risiko terkena retinopati diabetik. Ini adalah komplikasi diabetes yang berbahaya karena dapat menyebabkan gangguan penglihatan atau bahkan kebutaan.

Oleh karena itu, meskipun awalnya diproduksi untuk penderita diabetes, namun tetap tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan apalagi terus menerus, terutama bagi penderita diabetes.

Minuman alternatif untuk penderita diabetes

Mengingat banyaknya bahaya konsumsi diet soda terhadap risiko diabetes, maka minuman yang paling aman dikonsumsi oleh penderita diabetes atau orang sehat yang ingin mengurangi risiko terkena diabetes adalah air putih.

Namun, jika Anda ingin mengonsumsi minuman yang rasanya enak, susu diabetes, jus buah murni, dan teh tanpa pemanis bisa menjadi alternatif. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengonsumsi air yang diresapi dengan tambahan buah-buahan dan rempah-rempah, seperti lemon, kemangi, dan daun mint.

Selanjutnya, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan seimbang yang rendah gula dan kalori, berolahraga secara teratur, mengelola stres dengan baik, dan menghindari rokok. Dengan cara ini kadar gula darah Anda dapat terkontrol dengan baik.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan tentang pengaruh konsumsi diet soda terhadap risiko diabetes Anda, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan merekomendasikan semua langkah yang dapat dilakukan untuk mengontrol dan mencegah diabetes, termasuk makanan dan minuman yang harus dihindari atau aman dikonsumsi.

Untuk Anda yang mengalami gejala apabila mengkonsumsi Soda diet, Anda dapat segera konsultasi kepada dokter. Segeralah lakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh agar dapat mengetahui penyakit apa yang Anda alami. Tanyakan harga medical check up dan langsung dapatkan penanganan yang tepat.