Makanan baik untuk pengidap penyakit Ginjal – Meskipun ukurannya kecil, ginjal adalah organ yang melakukan fungsi penting bagi tubuh Anda. Organ berbentuk kacang ini bertanggung jawab untuk menyaring limbah, melepaskan hormon yang mengatur tekanan darah, menyeimbangkan cairan dalam tubuh, memproduksi urin, dan banyak tugas penting lainnya.

Makanan baik untuk pengidap penyakit Ginjal

Karena fungsinya yang sangat vital, hal-hal yang dapat mengganggu fungsi ginjal harus diwaspadai. Ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, produk limbah dapat menumpuk di dalam darah dan mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan.

Seseorang dengan penyakit ginjal perlu berhati-hati dengan asupan hariannya untuk mencegah penyakitnya semakin parah. Oleh karena itu, seseorang dengan penyakit ginjal harus memperhatikan asupan hariannya untuk mengurangi jumlah produk limbah dalam darah. Berikut beberapa contoh makanan yang dianggap baik untuk penderita penyakit ginjal:

  1. Blueberry

Blueberry adalah salah satu sumber antioksidan terbaik. Antioksidan yang disebut anthocyanin dalam blueberry dapat melindungi terhadap penyakit jantung, kanker tertentu, penurunan kognitif, dan diabetes. Seperti diketahui, penyakit ini bisa meningkatkan risiko penyakit ginjal. Terlebih lagi, blueberry juga rendah sodium, fosfor, dan potasium, yang penting bagi penderita penyakit ginjal.

  1. Putih telur

Meski kuning telur sangat bergizi, bagian telur ini banyak mengandung fosfor. Dengan demikian, putih telur adalah pilihan yang lebih baik untuk penderita penyakit ginjal. Putih telur adalah sumber protein berkualitas tinggi yang baik untuk ginjal. Plus, putih telur adalah pilihan yang cocok untuk orang yang menjalani dialisis.

  1. Bawang putih

Orang dengan masalah ginjal disarankan untuk membatasi jumlah natrium dalam makanan mereka, termasuk menambahkan garam. Nah, bawang putih bisa menjadi alternatif pengganti garam yang baik. Selain menambah cita rasa pada masakan, bawang bombay dapat memberikan manfaat nutrisi. Ini adalah sumber mangan, vitamin C dan vitamin B6 yang baik dan mengandung senyawa belerang yang memiliki sifat anti-inflamasi.

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah sumber lemak yang sehat dan tidak mengandung fosfor. Seringkali, orang dengan penyakit ginjal lanjut mengalami kesulitan mempertahankan berat badan mereka. Oleh karena itu, konsumsi makanan sehat dan berkalori tinggi seperti minyak zaitun sangat diperlukan. Mayoritas lemak dalam minyak zaitun adalah asam oleat, yang merupakan lemak tak jenuh tunggal yang memiliki sifat anti-inflamasi.

  1. Kubis

Kubis termasuk dalam keluarga sayuran silangan dan dikemas dengan vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang kuat. Sayuran ini juga merupakan sumber vitamin K, vitamin C, dan banyak vitamin B.

Plus, kubis menyediakan serat tidak larut, sejenis serat yang menjaga sistem pencernaan tetap sehat dengan mendorong buang air besar secara teratur. Selain itu, sayuran ini rendah kalium, fosfor dan natrium.

  1. Ayam tanpa kulit

Meskipun beberapa orang dengan masalah ginjal perlu membatasi asupan protein mereka, jumlah protein berkualitas tinggi yang cukup sangat penting untuk kesehatan. Dada ayam tanpa kulit mengandung lebih sedikit fosfor, kalium dan natrium dibandingkan ayam tanpa kulit. Jadi, Anda harus memilih dada ayam tanpa kulit untuk seseorang yang memiliki penyakit ginjal.

Masih punya pertanyaan seputar penyakit ginjal? Hubungi dokter hanya melalui aplikasi kesehatan. Anda dapat menghubungi dokter kapan dan di mana Anda membutuhkannya melalui obrolan atau panggilan suara / video. Tanyakan seputar harga medical check up pada aplikasi kesehatan.