Membuat Salad Buah yang Menyehatkan – Buka puasa adalah waktu yang ditunggu oleh umat Islam yang sedang berpuasa Ramadhan. Tak heran jika banyak orang mencoba membuat hidangan spesial untuk disantap bersama orang-orang terdekat nya. Namun, agar tubuh tetap sehat dan berpuasa tidak membuat berat badan bertambah, Anda harus memperhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh. Salah satu menu sehat yang cocok dikonsumsi saat berbuka puasa adalah salad buah. Nah, berikut beberapa resep salad buah yang pasti enak dan gurih.

Membuat Salad Buah yang Menyehatkan

Salad buah sebagai makanan penutup dengan rasa yang segar sangat baik untuk program diet Anda. Tidak hanya kaya vitamin dan serat, makanan ini juga rendah lemak dan karbohidrat sehingga aman untuk dikonsumsi. Bahkan, Anda juga bisa menambahkan beberapa buah yang memiliki kandungan air tinggi agar tidak dehidrasi saat berpuasa. Nah, daripada membeli di pasaran, sebaiknya Anda membuat resep salad buah sendiri di rumah! Berikut resep yang perlu Anda ikuti. Salad Buah dengan Yogurt, Mayones dan Minyak Zaitun

Resep salad buah ini umumnya merupakan resep salad buah yang banyak digunakan orang. Bahan-bahannya mudah didapat di supermarket. Dressing atau saus dengan bahan mayonaise dan yogurt sedikit berat dan mengandung lebih banyak lemak karena penambahan mayonaise. Tapi rasanya dijamin enak dan memanjakan lidah. Jika Anda ingin saus yang lebih ringan, Anda bisa menggunakan minyak zaitun dan perasan jus lemon.

Untuk menambah rasa manis dan enak bisa ditambahkan madu, susu, garam meja dan margarin. Bagi yang suka salad dengan kuah kental atau mayonaise, cara membuat salad buah mayonaise ini cukup simpel dan mudah. Mayones bisa dicampur dengan krim keju, susu kental manis atau ditambahkan sedikit yogurt agar lebih segar. Sedangkan buah yang digunakan tergantung selera. Anda bisa memilih jeruk, kiwi, buah naga, stroberi, pisang, dan lainnya. Pastikan Anda menyimpan salad buah ini di lemari es terlebih dahulu agar saat disajikan terasa lebih segar.

  1. Salad Buah Strawberry Yogurt

Untuk resep rujak buah ini rasanya lebih segar karena mengandung lebih banyak stroberi di dalamnya. Buah yang digunakan antara lain stroberi segar, anggur segar yang dicuci, mangga kupas, dan jeruk mandarin kupas. Jumlahnya bisa disesuaikan dengan selera. Sedangkan untuk bagian dressing Nya dibutuhkan beberapa bahan seperti 3 sendok makan air jeruk nipis, 100-gram strawberry segar yang dihaluskan, sirup merah atau pisang susu secukupnya sesuai selera, dan 100-gram yogurt rasa strawberry. Masukkan semua bahan tersebut ke dalam blender hingga halus dan tercampur rata. Setelah itu, Anda bisa memasukkannya ke dalam lemari es terlebih dahulu hingga dingin. Setelah itu buah cincang bisa langsung disiram dengan balutan yang sudah dimasukkan ke dalam lemari es.

  1. Salad Buah dan Sayuran

Bagi kamu yang bosan dengan buah-buahan, bisa mencampurkan nya dengan sayur mayur. Cara membuat salad buah dan sayur sebenarnya tidak jauh berbeda dengan resep salad buah lainnya. Hanya buah yang digunakan dicampur dengan jagung manis, selada, atau ketimun sesuai selera. Yang penting Anda memutuskan apakah Anda ingin menggunakan mayonaise, saus vla, yogurt atau hanya minyak zaitun yang dicampur dengan jeruk nipis atau jus lemon untuk membuatnya lebih segar.

  1. Semangka dan Salad Jeruk

Pasti kalian sudah tau kalau semangka dan jeruk merupakan jenis buah yang memiliki kandungan air yang tinggi. Kabar baiknya, kedua jenis buah ini bisa Anda jadikan sebagai salad buah yang enak untuk berbuka puasa. Caranya, Anda bisa memotong buah semangka. Kemudian tambahkan jeruk yang sudah dibersihkan. Setelah kedua buah tercampur, tambahkan perasan lemon atau jeruk nipis, sedikit minyak zaitun. Untuk menambah rasa, Anda bisa menambahkan sedikit daun mint dan keju parut kesukaan Anda.

Itulah beberapa resep salad buah sehat yang bisa Anda konsumsi saat berbuka puasa. Selain itu, jangan lupa untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar terhindar dari dehidrasi.

Segera lakukan pemeriksaan kesehatan dan tanyakan langsung kepada dokter jika Anda mengalami beberapa keluhan kesehatan, seperti pusing, haus berlebihan, urine berubah warna menjadi pekat, mengantuk, dan kelelahan. Kondisi ini bisa menandakan bahwa Anda mengalami dehidrasi.

Saat ini nyatanya juga sudah banyak klinik yang menyediakan berbagai macam pelayanan dengan biaya medical check up yang sangat terjangkau. Jadi untuk kalian yang tidak memiliki biaya banyak dapat melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

Segeralah cari tahu harga medical check up agar cepat juga Anda melakukan pemeriksaan kesehatannya. Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan kepada kalian semua, semoga informasi diatas dapat bermanfaat.