Tipe Box Kardus – Box kardus merupakan salah satu kemasan yang banyak digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Tidak hanya itu, kemasan berukuran sedang ini juga menjadi salah satu kemasan yang paling diandalkan untuk mengemas berbagai jenis produk. Tak heran jika kardus banyak dijual di mana-mana oleh pemilik agen pengemas.

Tipe Box Kardus yang Sering Dijumpai

Dibandingkan dengan media pengemasan lainnya, kardus memiliki volume yang relatif besar. Begitu banyak produk yang muat dalam kemasan ini. Selain itu, lapisan kardusnya juga kuat dan tahan terhadap guncangan. Hal ini membuktikan bahwa kardus merupakan media pengemasan yang aman digunakan sebagai pelindung produk.

Berbagai jenis produk menggunakan kardus sebagai media pengemasan. Dari produk makanan, produk elektronik, produk kecantikan hingga produk otomotif. Karena lapisan kardus yang relatif tebal, kemasan ini digunakan untuk kemasan medium berbagai produk.

Pada dasarnya ada banyak jenis kardus di pasaran. Kardus hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran yang dapat disesuaikan dengan produk yang ingin Anda masukkan ke dalamnya. Dari kardus kecil hingga besar. Selain format, kardus juga bervariasi dalam ketebalan lapisan. Artikel ini membahas tentang jenis-jenis lapisan kardus yang ada di pasaran.

  1. Box kardus single wall (3 lapisan)

Box kardus dengan lapisan single wall merupakan jenis lapisan yang paling tipis dibandingkan lapisan lainnya. Single wall memiliki tiga lapisan yang terdiri dari lapisan atas, lapisan tengah berupa gelombang yang disebut seruling, dan lapisan bawah.

Karena memiliki lapisan yang tipis, kardus bersingle wall tidak dimaksudkan sebagai media pengemasan produk yang berat. Biasanya kardus jenis ini digunakan sebagai media pengemasan produk dengan berat mulai dari 0,1 kg sampai dengan 15 kg. Produk yang menggunakan kardus biasanya produk elektronik kecil, produk kecantikan, produk makanan dan produk rumah tangga lainnya.

  1. Box kardus two wall (5 lapisan)

Kardus two wall memiliki 7 lapisan. Lapisan ini terdiri dari empat lapisan luar dan dalam dan tiga lapisan suling bergelombang. Dibandingkan dengan kardus bersingle wall dengan lapisan two wall memiliki ketebalan yang relatif lebih baik. Kardus ini juga dapat dianggap sebagai media pengemasan produk massal menengah.

Kisaran berat yang dapat ditoleransi oleh kardus two wall adalah 20 hingga 50 kg. Kardus dengan lapisan dinding ganda juga sering digunakan sebagai pembawa kemasan produk yang dikirimkan dengan jasa ekspedisi.

  1. Box Kardus Three wall (7 Lapisan)

Kardus jenis ini memiliki sepuluh lapisan yang terdiri dari lapisan luar-dalam dan lapisan gelombang bergelombang. Dengan kardus berthree wall, produk dengan berat 50 hingga 100 kg dapat ditempatkan di dalam box ini. Lapisan dinding rangkap tiga adalah jenis lapisan kardus terbesar di pasaran.

Biasanya, kardus tiga lapis lebih banyak digunakan sebagai media pengemasan produk yang dikirim melalui jasa pengiriman barang. Kardus ini juga sering digunakan sebagai media produk yang dikirim atau diekspor ke luar negeri. Karena lapisannya yang cukup tebal, kardus dapat melindungi produk selama proses pengiriman.

Baca Juga : jual box kertas

Itulah tiga jenis lapisan kardus yang ada di pasaran. Pada dasarnya, Anda perlu menentukan jenis pelapis yang sesuai sebelum menggunakannya sebagai media pengemasan produk Anda. Semakin berat produk, semakin tebal lapisan kardus yang digunakan untuk mencegah kerusakan pada kardus dan produk itu sendiri.