Ini dia cara melihat Backlink Kompetitor – Salah satu faktor yang mempengaruhi tampilan website kita di halaman pertama mesin pencari adalah backlink, yaitu link ke website kita yang dipasang di media atau website lain. Sayangnya, tidak jarang kita melihat website milik pesaing kita juga muncul di halaman pertama mesin pencari. Penampilan mereka di search engine tentunya didukung dengan penggunaan backlink yang tepat dan sesuai. Tidak perlu khawatir, karena kita bisa mengetahui cara melihat backlink pesaing kita dengan menggunakan beberapa alat, baik yang gratis maupun yang berbayar.

Ini dia cara melihat Backlink Kompetitor

Tidak ada salahnya mengetahui cara melihat backlink pesaing Anda. Sebaliknya, Anda harus melakukan trik ini agar membawa segudang manfaat bagi perkembangan Optimasi website Anda ke depannya. Anda bisa mengetahui strategi pesaing Anda dalam mendapatkan backlink. Anda juga bisa mengantisipasi penurunan posisi kata kunci di mesin pencari, karena kita tidak tahu kapan algoritma mesin pencari berubah. Selain itu, melihat backlink pesaing bisa menjadi salah satu cara untuk menggeser posisi website mereka di halaman mesin pencari juga lho.

Baca Juga: Kenali Jenis Email untuk Bisnis

Perlu diketahui bahwa Anda harus menyiapkan tool intersect link yang sesuai untuk mengetahui backlink pesaing Anda. Anda bisa menggunakan tools gratis atau berbayar, hanya saja tools berbayar akan memberikan informasi yang lebih lengkap untuk Anda. Alat penyeberangan tautan ini termasuk Ahrefs, Moz, dan SEMrush. Setelah itu, Anda bisa melakukan tips melihat backlink kompetitor di bawah ini.

  1. Identifikasi Pesaing Anda

Langkah pertama, Anda harus mengetahui dan mengidentifikasi pesaing Anda, baik langsung di website maupun jenis bisnisnya. Kemudian, Anda membuat daftar pesaing menjadi daftar sebagai bahan untuk analisis backlink nanti. Anda juga dapat memeriksa apakah pesaing Anda menekankan peringkat mereka di halaman utama atau halaman tertentu, seperti posting blog atau layanan di situs web mereka.

  1. Cari Situs Web yang Menunjuk ke Pesaing Anda

Ini adalah langkah di mana Anda memulai cara melihat backlink pesaing Anda. Dengan alat intersect link yang disebutkan di atas, Anda dapat menyisipkan tautan ke situs web pesaing Anda dan mulai mencari situs web yang mengarah ke situs pesaing Anda. Alat intersect link ini memiliki cara kerja yang unik, yaitu menganalisa profil backlink beberapa kompetitor dari berbagai website yang link ke link kompetitor Anda.

  1. Pantau Peluang Backlink Baru Secara Real-Time

Anda juga harus memantau peluang lahirnya backlink baru secara real-time. Ada dua keuntungan dari tips ini, yaitu:

  • Anda dapat melacak pembuatan tautan terbaru dan menemukan strategi yang tepat untuk pesaing Anda
  • Situs web Anda tetap kompetitif di mesin pencari.

Untuk mengetahui peluang backlink ini, Anda bisa menggunakan tool Buzzsumo. Dengan alat ini, Anda dapat melacak tautan balik yang tersedia di halaman tertentu situs web pesaing Anda.

  1. Pantau Sebutan Merek Pesaing Anda secara Real-Time

Melacak penyebutan merek pesaing Anda juga merupakan cara yang bagus untuk menemukan tautan balik potensial untuk situs web Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui situs web apa yang menyebutkan merek pesaing Anda, sehingga Anda juga dapat menggunakan situs web tersebut untuk Anda sendiri.

Baca Juga: Ini dia Kelebihan SEO untuk Bisnis Online

Untuk mengetahuinya, Anda bisa menggunakan tools Buzzsumo dan Google Alerts. Anda juga dapat menggunakan jenis entri layanan, nama pemilik bisnis atau variasi bisnis pesaing Anda, sehingga Anda dapat melihat lebih banyak peluang untuk menyebutkan merek pesaing Anda.

  1. Ubah Sebutan Merek menjadi Tautan Balik

Setelah Anda mengetahui penyebutan merek pesaing Anda, Anda dapat menggunakannya untuk menautkan kembali ke situs web Anda. Metodenya rumit, tetapi pasti akan membawa hasil yang baik untuk situs web Anda. Mulailah dengan menghubungi pemilik situs web pesaing Anda, mengundang mereka untuk memposting tautan ke situs web Anda sebagai tautan balik mereka.

Baca Juga: Pentingnya Memiliki Blog dalam Berbisnis

Nah itulah 5 cara melihat backlink kompetitor agar bisa menerapkan strategi optimasi off-page yang lebih baik. Tentu saja, Anda dapat menghubungi Jasa SEO Jakarta jika Anda membutuhkan layanan SEO untuk bisnis Anda.