Apa itu Cost Per Click dalam Ads – Cost Per Click adalah metode Periklanan digital yang paling sering digunakan oleh agen pemasaran digital untuk meningkatkan lalu lintas situs web dan juga menghasilkan konversi menjadi penjualan atau penutupan. Jadi, berapa Cost Per Click dan bagaimana cara menghitungnya? Apakah cost per click atau yang biasa dikenal dengan istilah bayar per klik sangat efektif untuk digunakan? Kami telah menyiapkan informasi lengkapnya untuk Anda di bawah ini.

Apa itu Cost Per Click dalam Ads

Anda pasti sering melihat iklan atau iklan yang ditampilkan di website. Jika Anda telah mengklik iklan tersebut, maka klik tersebut akan dihitung sebagai biaya bagi pengiklan. Itu disebut Cost Per Click (BPK).

Baca Juga: Ini dia cara melihat Backlink Kompetitor

Singkatnya, Cost Per Click adalah salah satu fitur periklanan di mana penagihan didasarkan pada berapa kali pengguna berinteraksi dengan iklan yang Anda tempatkan dengan mengklik iklan tersebut. Untuk menggunakan fitur ini, Anda dapat menggunakan alat dari Google yaitu Google Adwords sehingga Anda dapat melakukan penyesuaian dengan biaya sendiri.

Cara Menghitung Cost Per Click

Untuk menetapkan Cost Per Click, Anda dapat memperkirakan biaya dengan menggunakan rumus perhitungan berikut:

Total biaya iklan: Total klik = Harga Cost Per Click

Misalnya, jika sebuah situs web yang menyediakan kolom iklan menerima sekitar 1.000 klik seharga 5 juta, maka harga yang dikenakan untuk setiap klik adalah 5.000.

Baca Juga: Bahaya dari teknik Black Hat SEO

Uraian di atas hanyalah contoh perhitungan untuk Anda. Semakin tinggi biaya Anda, semakin banyak lalu lintas yang akan Anda hasilkan, tetapi sebelum Anda memutuskan untuk menghabiskan banyak uang untuk Cost Per Click ini, Anda perlu melakukan studi banding menggunakan Google Adwords.

Mengapa Anda perlu melakukan studi banding? Setiap sektor industri yang menggunakan fitur cost per click memiliki standar atau biaya rata-rata yang dikeluarkan. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan biaya yang perlu dikeluarkan berdasarkan rata-rata agar tidak perlu merogoh kocek lebih dalam. Anda bisa menghabiskan seefektif mungkin untuk hasil yang memuaskan.

Apakah Cost Per Click Efektif untuk Meningkatkan Bisnis?

Pasti sebagian dari Anda yang belum pernah mencoba fitur cost-per-click ini akan bertanya-tanya, seberapa efektif kah layanan advertising ini untuk meningkatkan traffic website?

Efektif atau tidaknya kembali lagi dengan beberapa faktor lain yang perlu Anda periksa kembali. Pengguna dapat mengklik iklan yang muncul dan mengunjungi situs web Anda, tetapi kuncinya di sini adalah apakah situs web Anda dapat mempertahankan pengguna lama atau pengguna lama? Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut agar hemat biaya untuk meningkatkan bisnis Anda:

Tingkatkan pengalaman halaman skor Anda sesuai dengan perkembangan algoritme terbaru dari Google. Google telah membuat pedoman sedemikian rupa untuk mendukung perkembangan setiap website bisnis yang tentunya perlu diikuti agar pengguna dapat bertahan lama di website Anda dan bahkan proses transaksi dapat terjadi setelahnya.

Baca Juga: Membangun Brand Identity dengan SEO

Anda juga harus melihat di mana iklan ditampilkan. Dengan demikian, biaya yang telah dikeluarkan tidak terbuang percuma karena memasang iklan yang tidak sesuai dengan target pasar Anda.

Apakah Anda Ingin Mencoba Menggunakan Google Ads?

Cost Per Click dapat menjadi salah satu fitur Google Ads yang Anda coba untuk mengembangkan bisnis Anda. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang sistem CPC ini, Anda bisa langsung menghubungi layanan Google Ads Jasa SEO Jakarta sekarang juga untuk melakukan konsultasi terkait perkembangan bisnis Anda di dunia digital marketing.